PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM MATERI ATOM, MOLEKUL, ION PADA SISWA SMP

Dani Oktaviar, Hairida ., Lukman Hadi

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 9 Sungai Raya pada materi atom, molekul dan ion antara siswa yang diterapkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan bantuan multimedia dan dengan model konvensional. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan penelitian “Control Group Pretest-Postest”. Sampel dipilih berdasarkan teknik Purposive Sampling, kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai. Berdasarkan analisis data hasil tes dengan menggunakan uji U Mann Whitney dengan α = 5 % diperoleh Zhitung < Ztabel atau 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi atom, molekul dan ion antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan multimedia dengan siswa yang diajarkan menggunakan konvensional. Berdasarkan selisih nilai pretest dan postest menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan peningkatan sebesar 35,85 terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi atom, molekul dan ion di kelas VIII SMPN 9 Sungai Raya

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD , Atom, Molekul dan Ion

Abstract: This study aims to determine differences in learning outcomes class VIII student of SMPN 9 Sungai Raya on the  atoms, molecules and ions Chapter between students who applied learning model type STAD cooperative with the aid of multimedia and the conventional model. Forms of research used in this study is Quasy Experiment with the study design "Control Group Pretest-Posttest". Samples were selected based on Purposive sampling techniques, a class VIII B as the control class and class VIII C as the experimental class. Data collection tool used in this study is the achievement test in the form of an essay. Based on the data analysis of test results using the Mann Whitney U test with α = 5% was obtained Zarithmetic <Ztable or 0.000 <0.05. This shows that there are differences in learning outcomes in the atoms, molecules and ions chapter’s between students taught using cooperative learning model type STAD with the help of multimedia students taught using conventional. Based on the difference between the value pretest and posttest showed that STAD cooperative learning provides anincrease of 35.85 towards improving student learning outcomes in the atoms, molecules and ions chapter in class VIII SMPN 9 Sungai Raya

Key Words : cooperative learning, STAD, atoms, molecules and ions


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723