PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS VII SMPN I BUNUT HULU

Wahyu Akbar, Syambasril ., Deden Ramdani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menyimak melalui penerapan metode Drill pada siswa kelas VII SMP Negeri I Bunut Hulu Kab. Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri I Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2015 / 2016, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada Siklus I guru belum memberikan penguatan yang dapat memotivasi siswa dan siswa kurang termotivasi karena belum terbiasa dengan penggunaan metode drill dalam pembelajaran sehingga  masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai standard KKM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek menyimak. Pada siklus II seluruh siswa sudah mencapai standard KKM  yaitu 70 sebesar  96,87 %.

Kata kunci : Penerapan Metode Drill, Keterampilan Menyimak

Abstract: This study aims to determine listening skills through the application of methods Drill in class VII SMP Negeri I Bunut Hulu district. Kapuas Hulu in West Kalimantan Province. The research method used is a Class Action Research. Based on the results of the study concluded that the application of the drill method can improve listening skills class VII SMP Negeri I Bunut Hulu Kapuas Hulu in the academic year 2015/2016 with a very good category. Based on the results of classroom action research conducted by two cycles in general it can be concluded that the application of the drill method can improve listening skills class VII SMP Negeri 1 Bunut Hulu Kapuas Hulu in the academic year 2015/2016, from the first cycle to the second cycle increased. In the first cycle teachers have to provide reinforcement to motivate students and students are less motivated because not familiar with the use of drill methods in learning so that there are still some students who have not reached the standard KKM in learning Indonesian in the aspect of listening. In the second cycle of all students have reached KKM standard that is 70 by 96.87%. Keyword : Implementation Method Drill, Listening Skill.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723