PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN REKORDER MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI SMP

. Mariza, Imma Fretisari, Asfar Munir

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan rekorder melalui metode tutor sebaya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar uji keterampilan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aspek penjarian siswa masih terlihat kaku dalam menutup lubang rekorder. Siswa sering melakukan kesalahan dalam menutup lubang. Masih terdapat siswa yang menggunakan pernapasan dada sehingga bunyi yang dikeluarkan tidak stabil. Siswa belum lancar karenabanyak berhenti untuk mengingat posisi lubang nada. Pada siklus II aspek penjarian siswa sudah terlihat luwes. Siswa sudah dapat memainkan rekorder dengan baik dan tepat dalam menutup lubang rekorder. Siswa sudah dapat menggunakan pernapasan perut dengan baik. Pada aspek kelancaran, siswa sudah lancar dalam memainkan rekorder. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan rekorder.

Kata Kunci : Keterampilan, Rekorder, Metode Tutor Sebaya

Abstract: This study aims to improve students' skills in playing the flute through peer tutoring methods. The research is a form of class action. The subjects were students is class VIII E amounted to 32 people. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The research tool is the observation sheets and sheets test of skill. The results of the study in the first cycle showed fingering aspects of students still looks stiff at the close of the recorder hole. Students often make mistakes on the last hole. There are still students who use chest breathing so that the sound emitted unstable. Students not fluent stopped karenabanyak remember the positions of the tone holes. In the second cycle students are already visible aspect Flexible fingering. Students can now play the flute properly and appropriately in closing the hole recorder. Students are able to use abdominal breathing well. In terms of fluency, students have mastered the flute playing. It can be concluded that through the method of tutors can improve students' skills in playing the recorder.

Keywords: skill, recorder, peer tutoring methods


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723