ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN SMP, SMA & SMK DI KABUPATEN SINTANG

. Sarayati, H.M. Asrori ., Aloysius Mering

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan di Kabupaten Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu guru mata pelajaran Pendidikan dan kewargaan di Kabupaten Sintang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, observasi langsung. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PKn di Kabupaten Sintang. Dalam proses pembelajaran merupakan hal yang utama, pada tahap pelaksanaannya guru PKn menyampaikan materi Pelajaran, peserta didik mendengarkan dan proses interaksi antara guru dan peserta didik berjalan dengan harmonis, suasana belajar yang kondusif.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru PKn Di Kabupaten Sintang

Abstract: This study aims to determine and describe the analysis of pedagogical competence of teachers of subjects Education and Citizenship in Sintang. The method used in this research is quantitative. The variable in this study is a single variable that is subject teacher education and citizenship in Sintang numbered 50 people. Number collection techniques used in this study is teknik comunicasion direct, direct observation. The tools used in the collection of field are guidelines for observation, interview with principals and subject teachers, questionnaires and documentacion. In the process of learning is the main thing, at this stage of the implementation of teachers Civics delivering materials lesson, learners listen and process of interaction between teachers and learners walk in harmony, a conducive learning atmosphere, the teacher seeks to guide and direct the learners.

Keywords: Pedagogical Competence Teachers Civics In Sintang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723