PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA POLA RITME NOTASI BALOK DENGAN METODE DRILL PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pola ritme notasi balok pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Belitang Hilir. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B berjumlah 42 orang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan tes unjuk keterampilan dan pengetahuan. Penelitian yang dilaksanakan 4 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tes keterampilan siswa diperoleh data sebagai berikut ; hampir semua siswa sudah dapat menerapkan durasi dengan baik, tempo sudah mulai stabil, aspek lancar dalam memainkannya masih kurang pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu semua siswa sudah dapat menerapkan durasi dan tempo dengan sangat baik dan sebahagian besar siswa sudah lancar membaca pola ritme notasi balok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pola ritme notasi balok pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Belitang Hilir.
Kata Kunci: Keterampilan, Notasi Balok, Pola Ritme.
Abstract : The purpose of this study was to describe the improvement of students’ skill on reading Notation Beams rhythm pattern to the eighth grade B students' of SMP Negeri 1 Belitang Hilir. The method used in this research was a descriptive method. It was kind of classroom action research. The subjects of this research were students of class VIII B with the total number of students’ 42 students where 20 male students’ and 22 female students’. The technique use in this research was direct observation through performance tests and knowledge. This study was conducted in four stages: planning, implementating, observing, and reflecting. Based on the results of the students’ skill test, it was acquired data as follows: First cycle, almost all of students could apply precise duration well, the tempo has begun to appear stable but in the aspect of playing still weak. The second cycle, it was significantly improve. All students were able to apply the duration and tempo very well and most of the students were fluently in reading notation beams rthym. It can be concluded that the used of drill method could improve students' skills in reading patterns of beam rhythm notation in class VIII B of SMP Negeri 1 Belitang Hilir.
Keyword: Ability, Notation Beams, rhythm pattern.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats