PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS VIII SMP

Wella Helmiati, Aloysius Mering, Imma Fretisari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMPN 23 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yakni dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Hasil kreativitas siswa yang diperoleh saat pretest untuk kelas eksperimen nilai rata-rata siswa sebesar 35, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol yaitu 33,93. Hasil kreativitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas eksperimen, yakni nilai rata-rata siswa saat posttest mencapai 70,89. Adapun hasil kreativitas siswa kelas kontrol mengalami peningkatan, tetapi tidak signifikan seperti halnya kelas eksperimen, yakni dengan diperolehnya nilai rata-rata saat posttest sebesar 58,93. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran seni tari kelas VIII SMPN 23 Pontianak.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Siswa, Pembelajaran Seni Tari

 

Abstract: This research has purpose to know the influence of Project Based Learning to the students’ creativity. The subject of research are eight grade students of SMPN 23 Pontianak. The reaseach method is experimental study wich use pretest-posttest control group design. There were VIII A students as the control group and VIII B as the experiment group. At pretest, the average score of students’ creativity of experiment group was 35, meanwhile control group get 33,93. After the researcher gave the treatment to the experiment group by using Project Based Learning, the score improve significantly, that is 70,89. On the other hand, control group also got improvement, but not significantly enough, with the posttest score is 53,93. Based on the data analyse, it can be concluded that Project Based Learning has the significant influence to the students’ creativity of SMPN 23 Pontianak.

Keyword: Project Based Learning, Students’s Creativity, Learning The Art of Dancing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats