REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MATERI TEKANAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 20 PONTIANAK
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi tekanan setelah diremediasi di SMP Negeri 20 Pontianak menggunakan strategi quantum teaching dengan kerangka TANDUR. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Alat pengumpul data berupa tes diagnostik berbentuk two tier test yang terdiri dari 6 soal. Penelitian ini melibatkan 31 orang siswa kelas VIIIF sebagai sampel yang dipilih dengan teknik intact group. Berdasarkan hasil bentuk miskonsepsi siswa tertinggi saat pre-test yaitu pada hukum Archimedes (48,38%). Sedangkan bentuk miskonsepsi siswa tertinggi saat post-test yaitu pada tekanan hidrostatis (45,16%). Dari hasil perhitungan rata-rata jumlah persentase penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 1,61%. Strategi quantum teaching dengan kerangka TANDUR diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif untuk meremediasi miskonsepsi yang dialami siswa.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Remediasi, Quantum Teaching, TANDUR
Abstract:This research is to determine the decreasing of students’number which getting misconception on pressure topic after remediation in SMP Negeri 20 Pontianak by using quantum teaching strategy with TANDUR framework. The method of this research is pre-eksperimental design with one gruop pretest-postest design. The instrument is collected by using diagnostic test in two-tier-test form wich consist of six questions. The sampel of this research is 31 students of VIIIF grade which choosen by using intact group tecnique. Based on the result of misconception the highest score of students in the indicator of Archimedes law pretest (48,38%). But in postest the highest score of students in the indicator of hidrostatis pressure (45,16%). The precentage of the average score (1,61%) in the decrease of students who got misconception. Finally, the quantum teaching strategy with TANDUR framework can be used as an alternative to give the remediation of students who got misconception.
Keywords: Misconceptions, Remediation, Quantum Teaching, TANDUR
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats