LAYANAN INFORMASI KARIER OLEH GURU PEMBIMBING PADA KELAS VIII SMPN 21 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Layanan informasi karier oleh guru pembimbing di sekolah sangat penting agar siswa menerima, memahami, dan menilai informasi dan pengalaman, serta mengambil keputusan arah karier secara jelas dengan pendidikan yang dijalaninya sekarang dengan pendidikan lanjutannya. Untuk itu harapan untuk menjadikan siswa agar terpenuhinya layanan informasi khususnya berhubungan dengan memilih pekerjaan atau jabatan, atau merencanakan pendidikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Maka peneliti ingin menelaah layanan informasi karier oleh guru pembimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pontianak. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Layanan Informasi Karier Oleh Guru Pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak?”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi yang objektif mengenai pelaksanaan, materi, metode, dan media dalam layanan informasi karier oleh guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Survey Study. Sampel penelitian ini adalah 70 siswa.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa layanan informasi karier oleh guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak mencapai 46,26 % masuk kedalam kategori rentang penilaian Sedang. Hal ini menunjukkan bahwa guru pembimbing belum maksimal memberikan layanan informasi karier kepada siswa. Diharapkan kepada guru pembimbing dapat memberikan analisis kebutuhan siswa mengenai layanan layanan bimbingan dan konseling khusunya dibidang karier agar memahami akan pentingnya layanan informasi karier sejak dini.
Kata Kunci : Layanan informasi, Karier, Guru pembimbing
Abstract: Service career information by the guidance counselor at the school is very important that the students receive, understand, and evaluate the information and experiences, and make decisions with a clear career direction as the education she lived now with continuing education. For that hopes to make students to the fulfillment of the service information especially related to choosing a job or position, or the planning of education in accordance with capabilities. The researchers wanted to examine the career information services by a tutor in class VIII SMP Negeri 21 Pontianak. The problem in this research is "How Information Services Career By Master Supervisor at Junior High School 21 Pontianak?". This study aimed to obtain and objective information about the performance, materials, methods, and media information services careers by the supervising teacher at Junior High School 21, Pontianak. The research method used is descriptive method with survey forms Study. The sample was 70 students .. The results of data analysis showed that career information services by the supervising teacher at Junior High School 21 Pontianak reached 46.26% in the category range Average ratings. This shows that the tutor is not maximized provide career information services to students. It is expected that a tutor can provide an analysis of the needs of students regarding guidance and counseling services especially in the field of career in order to understand the importance of early career information service.
Keywords: Information Services, Career, Teacher mentors
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i11.17607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats