ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP LKIA PONTIANAK

Dina Mariana, Busri Endang, Abas Yusuf

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan upaya bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP LKIA Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa angket. Data yang digunakan dianalisis dengan analisis deskriptif dan menggunakan rumus persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP LKIA Pontianak yang berjumlah 42 orang, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi diambil dan penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor internal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia tergolong kurang, faktor-faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia tergolong baik, dan upaya bantuan yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia tergolong cukup.

 

Kata kunci : Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia.

Abstract: This study aims to determine the factors that cause and efforts of assistance to students who have difficulty learning Indonesian language in class VIII SMP LKIA Pontianak. The method used is descriptive method, with the form of survey research. The data collection technique used is the technique of indirect communication with a data collector in the form of a questionnaire. The data used were analyzed with descriptive analysis and using a percentage formula. The population in this study were students of class VIII SMP Pontianak LKIA numbering 42 people, because the population is less than 100 then all the population is taken and this research is called the study population. From the results of research conducted can be concluded that the internal factors that cause students have difficulty learning Indonesian classified as less, external factors that lead to students having trouble learning Indonesian is quite good, and the relief effort is given to students who have learning difficulties Indonesian quite enough.

 

Keywords: Indonesian Learning Difficulties.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723