DESAIN DIDAKTIS DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN ALJABAR DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana menerapkan desain didaktis dengan scaffolding untuk mengatasi learning obstacle siswa dalam menjumlahkan pecahan aljabar di kelas VIII SMP Negeri 21 Pontianak. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIII E. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian desain didaktis (DDR). Hasil penelitian menunjukkan desain didaktis dengan scaffolding yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tahapan pembelajaran scaffolding serta skenario pembelajaran di kelas dapat mengatasi learning obstacle. Sebelum implementasi desain didaktis dengan scaffolding siswa kurang dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan aljabar dengan penyebut berbeda maupun sama, dan siswa juga kurang dapat memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya. Setelah implementasi desain didaktis dengan scaffolding siswa dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan aljabar dengan penyebut sama maupun berbeda beserta alasannya, meskipun terdapat alasan dari jawaban siswa yang masih kurang lengkap.
Kata kunci: Desain Didaktis, Scaffolding, Learning Obstacle
Abstract: The objective of the research is to apply the didactic design with scaffolding to overcome learning obstcles add fractions algebra students in class VIII SMP Negeri 21 Pontianak. Seven student from VIII E were being the subject of the research. The research is an Didactical Design Research (DDR). The results showed a didactic design with scaffolding in the form of Learning Implementation Plan (RPP) to the stages of scaffolding learning and learning scenarios in the classroom learning can overcome the obstacle. Before the implementation of a didactic design with scaffolding students less able finish summation algebra fractions with different denominators and the same, and students also less able give a reason for the answer he gave. After the implementation of the didactic design with scaffolding students are can complete summation algebra fractions with the same denominator or different and why, although there are reasons of the students’ answers are still not complete.
Keywords: Didactic Design, Scaffolding, Learning Obstcle
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats