PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KANTONG BILANGAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 07 SEBALO
Abstract
Abstrak: Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kantong Bilangan Pelajaran Matematika Kelas II SDN 07 Sebalo Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan kantong bilangan pelajaran matematika kelas II SDN 07 Sebalo. Penelitian yang digunakan metode deskriptif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Berdasarkan rata-rata kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I 82 % ( nilai rata-rata 2,89 ) dan pada siklus II 97 % ( nilai rata-rata 3,36 ) ada peningkatan sebesar 15 %, sedangkan untuk hasil belajar siswa yang awal tes sebelum melaksanakan penelitian sebesar 56 %, pada siklus I sebesar 59,40 % ( ada peningkatan sebesar 3,40% ) pada siklus II sebesar 79,80 % ( ada peningkatan sebesar 20,40 %). Berdasarkan hasil diatas bahwa padapembelajaran penjumlahan bilangan menggunakan kantong bilangan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar kelas II SDN 07 Sebalo.
Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar menggunakan kantong bilangan.
Abstract: Increased activity and Learning Outcomes Students Use Math Lesson grade II Number SDN 07 Sebalo Research aims to mendeskrifsikan increase in activity and the results of learning math lesson numbers use a class II 07 Sebalo SDN. Research used descriptive method, with this type of research is research and collaborative nature of the class action. Based on the average teacher's ability to carry out the study in cycle I, 82% (the average value of 1.8-) and cycle II 97% (the average value of 3.36) there was an increase of 15%, while for student learning outcomes that early tests before conducting research of 56%, on a cycle I of 59.40% (there is anincrease of 20,40%). The above results are based on the summation of the number of studies that use the number there is an increasing activity and learning outcomes grade II SDN 07 Sebalo ...
Key word : activity and Learning Outcomes Students Use Math Lesson
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats