PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS II SDN 15 SEGEDONG
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang tempat hidup tumbuhan di kelas II SDN 15 Segedong Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas, dan bersifat kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi guru. Hasil penelitian mengenai tempat hidup tumbuhan menggunakan pendekatan inkuiri setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I kemampuan guru merencanakan pembelajaran mencapai 14,3 (rata-rata 2,86). Siklus II 17,0 (rata-rata 2,86; kategori cukup memuaskan) ada peningkatan sebesar 2,7. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mencapai 10,1 pada siklus I (rata-rata 2,5) dan 13,6 pada siklus II (rata-rata 3,4), ada peningkatan sebesar 3,5. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 58,42 sedangkan pada siklus II 77,11. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan inkuiri dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 15 Segedong Kabupaten Bengkayang.
Kata Kunci : pembelajaran ipa, pendekatan inkuiri, hasil belajar
Abstract: This study aims to improve student learning outcomes after implementation of inquiry approach to science learning about the plant life in the class II SDN 15 Segedong Bengkayang. The research method used is descriptive, the form of action research, and collaborative. The technique used in this study is the direct observation of the data collection tool teacher observation sheet. The results of research on plant life where each cycle using an inquiry approach to increase. In the first cycle the ability of teachers to plan lessons to 14.3 (average 2.86). Cycle II 17.0 (average 2.86; categories satisfying enough) there is an increase of 2.7. Teachers' ability to carry out the study reached 10.1 in the first cycle (average 2.5) and 13.6 in the second cycle (average 3.4), an increase of 3.5. While the learning outcomes of students in the first cycle the average value 58.42 77.11 whereas on the second cycle. This suggests that the inquiry approach to improve student learning outcomes Elementary School second grade 15 Segedong Bengkayang.
Keywords: ipa learning, inquiry approaches, learning outcomes
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1694
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats