PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMAN 1 ANJONGAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak cerita rakyat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat. Dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitiannya kualitatif dan jenisnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data penelitian diolah secara kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting) kegiatan pembelajaran. Pencapaian keterampilan menyimak (pratindakan) sebesar 65,7. Setelah menggunakan media audio visual meningkat sebesar 66,1 terjadi peningkatan keterampilan menyimak dengan media audio visual. Kemudian dilanjutkan ke siklus II untuk memperbaiki kendala yang dialami pada siklus I, pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebesar 77,8. Dengan demikian, pembelajaran menyimak menggunakan media audio visual di SMA Negeri 1 Anjongan telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk, setelah diberi tindakan menggunakn media audio visual.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Cerita Rakyat, Media Audio Visual.
Abstract: This study aims to describe the learning process and the students’ learning outcomes in listening to folklore. The method used in this research is descriptive with qualitative forms and the type is classroom action research (CAR). The instruments used were test and observation sheet. The data of the research were analyzed qualitatively. This study was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of Planning, Action, Observing and Reflecting to learning activities. The achievement score of listening skills (pre-test) is 65.7. After using audio-visual media, it increased to 66.1. Then proceed to the second cycle to improve the constraints experienced in the first cycle. In the second cycle there was an increase to 77.8. Thus, learning of listening in SMA Negeri 1 Anjongan has experienced an improvement in both the process and the product, after being given the treatment using audio-visual media.
Keywords: Listening skill, folklore, audio-visual media
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .