PENINGKATAN PERKEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI MENEMPEL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN

Puput Lestari, Marmawi R, Dian Miranda

Abstract


 

Abstrak:Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan hasil analisis data maka secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan perkembangan kreativitas dapat dilakukan melalui menempel bentuk geometri pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bina Insan Pontianak Tenggara. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kreativitas melalui menempel bentuk geometri dikategorikan sangat baik; (2). Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kreativitas melalui menempel bentuk geometri dikategorikan sangat baik. Ini berarti pelaksanaan pembelajaran kreativitas telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat; (3).Hasil peningkatan perkembanan  kreativitas melalui menempel bentuk geometri dapat dikatakan baik, karena setiap aspek kreativitas anak mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Perkembangan Kreativitas, Bentuk Geometri, Anak TK

Abstract:The method used is descriptive method with a form of action research consists of planning, implementation, observation and reflection. Data collection by using the guidelines observation, interview, and documentation. Based on the results of research conducted and data analysis in general it cab be concluded that the increase in the development of creativity can be done via the attached form geometry in group B children aged 5-6 years in kindergarten Bina Insan Pontianak southeast. In paricular can be summarized as follows: (1). Learning plan to improve the development of creativity through geometric shapes sticking categorized as very good; (2). Implementation of learning growth improves creativity through geometric shapes sticking categorized as very good. This means that the implementation of the study of creativity has been implemented in accordance with lesson plans that have been made; (3). The resulting in crease in the development of creativity through sticking geometric shapes can be said to be good for every aspect of child’s creativity has increased with very good category.

Keyword :Thedevelopment of creativity, geometry shapes, kindergarten


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats