EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA

Nova Muzdalifah, Parijo ., Husni Syahrudin

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Subyek penelitian adalah kelas XII IIS 1 dan XII IIS 2. Penelitian ini menunjukan bahwa proses penerapan media kartu bergambar di kelas eksperimen berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol karena peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar yaitu 66,27 sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 60,13. Berdasarkan hasil uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar -2,074 dan t tabel sebesar -1,672, ini menunjukan bahwa t hitung < t tabel (-2,074 < -1,672) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran akuntansi.

Kata Kunci : Kartu Bergambar,  Hasil Belajar,  Akuntansi

Abstrack : This purpose of this study was known effectiveness of using picture cards media to student learning outcomes in learning accounting. The method used was experimental method. Data collection techniques used tests and observation. Subject were XII IIS 1 and XII IIS 2. This study shows that the process of applying picture cards media in the experimental class is going well. The results showed that student learning outcomes of experimental class better than control class for improving student learning outcomes greater experimental class is 66.27 while the control group only increased by 60.13. Based on the results of t-test experimental class and control class obtained t value of -2.074 and -1.672 t table, it shows that t <t table (-2.074 <-1.672) so that Ho refused and Ha accepted. So it can be concluded that the use of a picture card media effective in improving student learning outcomes in learning accounting.

Keywords : Picture Cards, Learning Outcomes,  Accounting 

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats