ANALISIS PEMBERIAN REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI MAN 1 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian remedial pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di MAN 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi langsung dengan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara, dan studi dokumenter berupa lembar catatan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah melakukan prosedur dalam pelaksanaan pengajaran remedial berupa analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan, menyususn rencana kegiatan remedial, melaksanakan kegiatan remedial, menilai kegiatan remedial namun dalam pelaksanaannya masih kurang tepat. Hal ini terlihat jelas pada penetapan metode yang digunakan dalam pengajaran remedial tidak berdasarkan pada kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Selain itu materi yang disampaikan tidak berdasarakan kesulitan masing-masing siswa, jadi guru itu memberikan kembali materi yang dianggap sulit oleh siswa secara umum karena mengingat waktu pelaksanaan remedial yang begitu singkat.
Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Remedial, Mata Pelajaran Ekonomi
Abstrack: This research was aimed to determine the remedial provision on economic subjects in class X IPS MAN 1 Pontianak. This research used descriptive method.In collecting data, the researcher useddirected communication with the sample in form of guided interviews and documentaries in form of fill notes.The results showed teachers have been performing the procedures in the implementation of remedial teaching in the form of analysis of the diagnosis,find the cause of the trouble,remedial action plan, implement remedial activities, assess remedial activitiesbut in practice they are less precise.This is evident in the establishment of methods used in remedial teaching is not based on the learning difficulties experienced by students.In addition to the material presented is not based on the difficulty of each student,so the teacher was giving back the materials that are considered difficult by students in general for the implementation of remedial given time is so short.
Keywords: Analysis, Remedial learning, Subjects Economics
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .