PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MEDIA LINGKUNGAN KELAS III SDN 03 SANGAT MOLO

Suhono F 34210432, Sukmawati ., Zainuddin .

Abstract


Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Media Lingkungan kelas III SDN 03 Sangat Molo. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan, dan kebiasaan dengan penggunaan Media Lingkungan Sekitar pada pembelajaran IPS kelas III SDN 03 Sangat Molo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, berdasarkan hasil pengolahan data Pada siklus I diperoleh hasil bahwa hasil belajar belum maksimal. Persentase ketuntasan belajar mencapai 66,67 %. Pada Siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentasi ketuntasan belajar 91,67%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan Media Lingkungan Sekitar, hasil belajar siswa kelas III SDN 03 Sangat Molo Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan. Akhirnya penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran lainnya / guru kelas SDN 03 Sangat Molo untuk dapat menggunakan Media Lingkungan Sekitar dalam pembelajaran mata pelajaran yang diampunya.

Kata Kunci: Media Lingkungan Sekitar, Prestasi, IPS

Abstract: Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Media Lingkungan kelas III SDN 03 Sangat Molo. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan, dan kebiasaan dengan penggunaan Media Lingkungan Sekitar pada pembelajaran IPS kelas III SDN 03 Sangat Molo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, berdasarkan hasil pengolahan data Pada siklus I diperoleh hasil bahwa hasil belajar belum maksimal. Persentase ketuntasan belajar mencapai 66,67 %. Pada Siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentasi ketuntasan belajar 91,67%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan Media Lingkungan Sekitar, hasil belajar siswa kelas III SDN 03 Sangat Molo Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan. Akhirnya penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran lainnya / guru kelas SDN 03 Sangat Molo untuk dapat menggunakan Media Lingkungan Sekitar dalam pembelajaran mata pelajaran yang diampunya.

Key word: Media Lingkungan Sekitar, Prestasi, IPS


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats