EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mengoptimalkan keterampilan pemecahan masalah pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen berpura-pura (Quasy experiment). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 dan kelas XI IIS 4 berjumlah 62 siswa tahun ajaran 2015/2016. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 80,13 dan hasil post-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 74,94. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional, di mana nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai kelas kontrol di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Sedangkan effect size nya tergolong sedang adalah sebesar 0,68.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Pemecahan Masalah, Pelajaran Ekonomi
Abstract: The purpose of this research is to know how the effectiveness problem based learning method in optimizing the problem solves ability in Economic subject for social eleven grade students at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The method used is experiment method which is pretending experiment (Quasy Experiment). XI IIS 3 and XI IIS 4 students are the resources of this research that is consist of 62 students in academic year 2015/2016. From the data analysis shows the average of post-test scores in experiment class is 80,13 and the average post-test scores in controlling class is 74,94. There is a positive differences and significance between the result of economic learning with problem based learning method and conventional method which is the scores of experiment class are better than the scores in controlling class for XI grade students at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Meanwhile the effect size is in medium level, 0,68.
Keywords : Problem Based Learning, Problem Solving Skills, Economy
Lesson
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats