HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP

Shanti Yolanda, Indri Astuti, Busri Endang

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan kejelasan mengenai Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Hasil analisis data menunjukan bahwa Pergaulan Teman Sebaya mencapai 67,79%. Ketercapaian tersebut berada pada rentang cukup. Sedangkan, Motivasi Belajar Siswa mencapai 72,44% yang berada pada rentang baik. Hasil dari korelasi product moment kedua variabel tersebut didapatkan rhitung = 0,834. Menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Pada Siswa.

 

Kata Kunci : Korelasi, Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa

Abstract : This study aimed to obtain information and clarity on the Relationship Between Intercourse Peer Motivation With Eighth Grade Students of Junior High School 18 Pontianak . The method used is descriptive method with quantitative approach . Samples in this study is 60 students . Data collection techniques in this study is the technique of indirect communication . Data collection tools in this study was a questionnaire . The results of data analysis showed that the association Peer reached 67.79 % . The achievement is in the range enough. Meanwhile , Student Motivation reached 72.44 %, which is in the good range . The results of product moment correlation between the two variables was obtained rhitung = 0.834 . Showed that there is a positive correlation between the association Peers with Motivation In Students.

Keywords : Correlation, Peer Relationships , Student Motivation

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats