DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PONTIANAK

Nurul Hidayah, Husna Amalya Melati, Rody Putra Sartika

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Subjek dalam penelitian  adalah siswa XI IPA 1 SMA Negeri 9 Pontianak yang telah mempelajari materi hidrokarbon sebanyak 31 siswa. Bentuk penelitian yang digunakan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Instrument penelitian berupa tes pemahaman konsep. Hasil tes pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon menunjukkan kemampuan pemahaman  konsep siswa meliputi kategori sangat kurang yaitu  penamaan senyawa alkana,  penamaan senyawa alkena,  penamaan senyawa alkuna dan  menggambarkan struktur alkuna; kategori kurang yaitu  penggolongan senyawa hidrokarbon dan menggambarkan  struktur alkena; kategori baik yaitu identifikasi senyawa hidrokarbon dan menggambarkan struktur alkana; dan kategori sangat baik yaitu  kekhasan atom karbon, kedudukan atom karbon, sifat fisika berdasarkan massa atom relatif dan sifat fisika berdasarkan struktur. Berdasarkan hasil penelitian diberikan saran untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Kata kunci: Deskripsi, pemahaman konsep, hidrokarbon,

Abstract: purpose of this research aimed to described students’ understanding concept on hydrocarbon material in XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Subject on this research was students of XI IPA 1 SMA Negeri 9 Pontianak whose been learnt hydrocarbon material by the amount of 31 students. Research form used descriptive. Collecting data technique used measuring technique and direct communicating technique. Research instrument used understanding concept test. Result of students’ understanding concept test on hydrocarbon material showed students’ understanding concept ability extended very less category on alkane compound naming, alkane compound naming, alkene compound naming, alkyne compound naming and alkene structure drawing; less category on hydrocarbon compound categorizing and alkene structure naming; good category on hydrocarbon compound identification and alkane structure drawing; and very good category on carbon atom exclusivity, carbon atom position, physical properties according to atomic mass relative and physical properties according to structure. Based on research result given suggestion to use learning model which suited to increase understanding concept.

Keywords: Description, understanding concept, hydrocarbon.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats