MEMBIASAKAN PERILAKU DISIPLIN PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA MARIA PONTIANAK KOTA

Ayu Wandira, Marmawi ., Dian Miranda

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin yaitu mentaati aturan yang berlaku separti masuk kelas tepat waktu, berbaris dengan rapi, menyusun sepatu, meletakkan tas, membereskan mainan dan membuang sampah pada anak usia dini 5-6 Tahun di TK Santa Maria Pontianak Kota. Alat pengumpulan datanya pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin, dari 26 anak terdapat 32 anak dapat masuk kelas tepat waktu tanpa bimbingan guru, dengan katagori BSB, 3 anak dapat masuk kelas dengan bimbingan guru, dengan katagori BSH, 23 anak dapat berbaris rapi tanpa bimbingan guru, dengan katagori BSB, 3 anak dapat berbaris rapi dengan bimbingan guru dengan katagori BSH, 26 anak dapat menyusun sepatu tanpa bantuan guru dengan katagori BSB, 26 anak dapat meletakkan tas pada tempatnya tanpa bimbngan guru, dengan katagori BSB, 26 anak dapat membereskan mainan setelah bermain tanpa bantuan guru, dengan katagori BSB dan 26 anak dapat membuang sampah pada tempatnya tanpa bantuan guru, dengan katagori BSB.

Kata Kunci: Membiasakan, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini

Abstract: This study aimed to describe efforts to familiarize teachers disciplined behavior in early childhood 5-6 years in kindergarten Santa Maria Pontianak City. Data collection tools are guidelines for observation, interview,and documentation. From the results and discussion of research, it can be concluded that the efforts of teachers to familiarize behavioral discipline, of the 26 children there are 32 children can go to class on time without the guidance of a teacher, with the category of BSB, 3 children can enter the classroom with the teacher's guidance in the category BSH, 23 children can be lined up without the guidance of a teacher, with the category of BSB, 3 children can be lined up with the guidance of teachers in the category BSH, 26 children can develop shoes without the help of a teacher in the category BSB, 26 children can put the bag in place without bimbngan teachers, by category BSB, 26 children can put toys away after playing without the help of teachers, with the category of BSB and 26 children can dispose of waste in place without the help of teachers, with the category of BSB.

Key Word: Familiarize Behavior Discipline, Early Childhood


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats