EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan bahwa pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas pada mata pelajaran akuntansi selalu dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi microsoft office pada pembelajaran akuntansi di kelas X SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 62 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat effect size yang diperoleh yaitu sebesar 0,056. Ketercapaian tersebut tergolong rendah. Ini artinya siswa masih terbiasa terhadap pembelajaran metode konvensional dengan media papan tulis sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi microsoft office dan hasil belajar siswa yang menggunakan media papan tulis tidak jauh berbeda.
Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Microsoft Office, Hasil Belajar
Abstract: This research is conducted based on observation that learning about accounting in the class is always use conventional method. This research is supposed to investigate the effectiveness of the result score of the tenth grade accounting students SMK Panca Bhakti Sungai Raya. The methodology that is used in this research is Quasy Eksperimen Design with technique Nonequivalent Control Group Design. The sample of this research is 62 students. The result of the data collecting shows that the result of learning students between the experiment and control class suffered no significant difference. This is proportional to the effectiveness of the result score is 0,056. This achievemen is low because the students are familiar with conventional method or learning by listening to the teacher with whiteboard media. This is why the result score between conventional method and using microsoft office application is not too different.
Keywords: Effectiveness, the Application of Microsoft Office, Learning Outcomes
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats