PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI

Adi Dermawan, Rustiyarso ., Rosnita .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dikelas VI SDN No. 05 Sungai Mali, Kabupaten Sintang. Masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dengan digunakannya metode demontrasi dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN Nomor 05 Sungai Mali, Kabupaten Sintang. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua tahapan (2 siklus) dan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan tatap muka dengan harapan mendapat gambaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode demontrasi dalam pembelajaran IPA. Pada Siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh Rerata hasil aktivitas guru dalam pembelajaran IPA, yaitu 82,15%, Sedangkan aktivitas siswa rerata hasil aktivitas fisik 60,00%, aktivitas mental, 63,22% dan aktivitas emosional 57,76% terjadi peningkatan persentase dengan katagori sedang. Pada Siklus II pertemuan 1 dan 2 diperoleh rerata hasil aktivitas guru pada pembelajaran dengan metode demonstrasi 95,35%, sedang rerata hasil aktivitas siswa pada aktivitas fisik 70,35%, aktivitas mental, 75,29% dan aktivitas emosional 70,69% terjadi peningkatan persentase dengan katagori sedang. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi pada pembelajaran IPA di kelas VI mencapai standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 60,0, karena terbukti dari persentase rata-rata pada siklus I 65,51% pada siklus II .menjadi 78,09 %,yaitu terjadi peningkatan denga kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN NO. 05 Sungai Mali Kabupaten Sintang.

Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Metode Demontrasi.

Abstract: This research does to be brazed VI SDN No. 05 Mali Rivers, Sintang's regency. Problem in observational it How student activity step-up by utilized it demontrasi's method in IPA'S learning at brazes VI SDN Number 05 Mali Rivers, Sintang's regency . This research did by Action Research brazes with two steps (2 cycles) and each cycle is done 2 meet times gaze faces with expectation gets picture in point to increase student studying activity via methodics demontrasi in IPA'S learning. On 1 meet i. Cycle and 2 acquired hail's Averages activity learns in IPA'S learning, which is 82,15%, Meanwhile average student activity usufructs physical activity 60,00%, mental activity, 63,22% and emotional activities 57,76% percentage increasing happenings with katagori be. On Cycle II. appointment 1 and 2 acquired average usufruct teacher activity on learning by methodics demonstration 95,35%, be activities yielding average student on physical activity 70,35%, mental activity 75,29% and emotional activities 70,69% percentage increasing happenings with katagori be. Students learned result after follow learning by use of method demontrasi on IPA'S learning at brazes VI up to minimal thoroughness criterion default which is 60,0, since evident of percentage average on i. cycle 65,51% on cycle II. .menjadi 78,09 %,which is denga's step-up happening category be. Thus can be concluded that by use of method demontrasi can increase student studying activity and gets to regard result step-up studies class student VI SDN NO. 05 Regency Mali Rivers Sintang.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats