PENINGKATAN KEMANDIRIAN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN
Abstract
Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemandirian melalui metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Bina Insan Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan hasil analisis data maka secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemandirian dapat dilakukan melalui metode pembiasaan pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bina Insan Pontianak Tenggara. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian melalui metode pembiasaan dikategorikan sangat baik; (2). Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian melalui metode pembiasaan dikategorikan sangat baik. Ini berarti pelaksanaan pembelajaran kemandirian telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat; (3).Hasil peningkatan kemandirian melalui metode pembiasaan dapat dikatakan baik, karena setiap aspek kemandirian anak mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi.
Kata kunci : Kemandirian, Pembiasaan
Abstract: Objectives to be achieved in this research is to improve autonomy through habituation method in children aged 5-6 years in kindergarten bina insane southeast Pontianak. The method used is descriptive method with the form of classeoom action research. Class Action Cycle of planning, implementation, onbervation, and reflection. The collection of data by using the guidelines observation, interview and documentation. Based on the results of research conducted and analysis of data in general it can be concluded that increase autonomy can be done through methods of habituation in children aged 5-6 years group B in Kindergarten Bina Insan Southeast Pontianak. Specifically can be summarized as below: (1). Learning plan to improve the autonomy through the method of habituation categorized as very good; (2). Implementation of learning to improve the autonomy through the method categorized as very good. This means the implementation of learning has been implemented in accordance with lesson plans created. (3). The result of increased autonomy through the method of habituation can be said to be good, because every aspect of the child’s autonomy has increased with category of very high.
Keyword : Autonomy, Habituation
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .