UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, melalui model Problem Based Learning pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima fase, yaitu identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI D SMK SMTI Pontianak tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data meliputi lembar tes hasil belajar, lembar kerja siswa, dan lembar observasi. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 46% menjadi 63%. Tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran ditentukan dengan hasil persentase ketuntasan secara klasikal. Hasil aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I dan siklus II kategori aktif 17,14% menjadi 4,20%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi fluida dinamis.
Kata Kunci : Hasil, Aktivitas, PBL, Fluida Dinamis.
Abstract : The aims of this study is to improve learning outcomes and student activities through the Problem Based Learning model at the dynamic fluid material. Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. The subjects were students of class XI D SMK SMTI Pontianak 2015/2016 academic year as many as 35 students. The data collection includes achievement test, student worksheets, and activity of observation sheet. The data obtained showed an increase in student learning outcomes from the first cycle to the second cycle of 46% to 63%. The tests were given before and after the learning is determined by the percentage of classical completeness. The results of learning activities of students showing improvement, namely in the first cycle and the second cycle of active category 17.14% to 4.20%. These results indicate that the model of Problem Based Learning can improve learning outcomes and student learning activities in a dynamic fluid material.
Keywords : Outcomes, Activities, PBL, Dynamic Fluid.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats