PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang peningkatan keterampilan berkomunikasi melalui penggunaan media gambar pada anak usia 5-6 tahun di TK. Islam Bina Empat Lima Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Siklus Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refkesi. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan langkah rencana kegiatan harian yang telah ditentukan pada akhir siklus I diperoleh kategori baik dengan kriteria BSH. Hal ini berarti guru dapat dengan baik merencanakan perbaikan pembelajaran, sehingga proses perbaikan berjalan dengan lancar. Pada akhir siklus II diperoleh kategori baik dengan nilai 3,46. Hal ini berarti guru sudah merencanakan pembelajaran dengan baik, 2) Pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Pada siklus I kriteria rata-rata meningkat menjadi sangat baik, dengan nilai 3,92, 3) Peningkatan keterampilan berkomunikasi melalui penggunaan media gambar sebesar 24%.
Kata Kunci : Keterampilan Berkomunikasi, Media Gambar
Abstrak: The purpose of this study in general to know and get information about improving communication skills through the use of media images on children aged 5-6 years in kindergarten. Islam Bina Four Five Pontianak. The method used is descriptive method with the form of classroom action research. Class Action Cycle consists of planning, implementation, observation, and refkesi. Collecting data using observation and interview. Based on the results of the study are: 1) Planning study prepared in accordance with the action plan specified daily activities at the end of the first cycle obtained both categories with BSH criteria. This means that teachers can properly plan the improvement of learning, so that the repair process goes smoothly. At the end of the second cycle was obtained both categories with a value of 3.46. This means that teachers are already planning lessons well, 2) Implementation of the learning has been done well. In the first cycle of the criteria of the average increased to very good, with a value of 3.92, 3) Improved communication skills through the use of media images by 24%.
Keywords:Communication Skills, Media Image
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats