PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sri Wahyuni, Muhamad Ali, Desni Yuniarni

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang peningkatan keterampilan berkomunikasi melalui penggunaan media gambar pada anak usia 5-6 tahun di TK. Islam Bina Empat Lima Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Siklus Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refkesi. Pengumpulan data  dengan menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan langkah rencana kegiatan harian yang telah ditentukan pada akhir siklus I diperoleh kategori baik dengan kriteria BSH. Hal ini berarti guru dapat dengan baik merencanakan perbaikan pembelajaran, sehingga proses perbaikan berjalan dengan lancar. Pada akhir siklus II diperoleh kategori baik dengan nilai 3,46. Hal ini berarti guru sudah merencanakan pembelajaran dengan baik, 2) Pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Pada siklus I kriteria rata-rata meningkat menjadi  sangat baik, dengan nilai 3,92, 3) Peningkatan keterampilan berkomunikasi melalui penggunaan media gambar sebesar 24%.

Kata Kunci : Keterampilan Berkomunikasi, Media Gambar

Abstrak: The purpose of this study in general to know and get information about improving communication skills through the use of media images on children aged 5-6 years in kindergarten. Islam Bina Four Five Pontianak. The method used is descriptive method with the form of classroom action research. Class Action Cycle consists of planning, implementation, observation, and refkesi. Collecting data using observation and interview. Based on the results of the study are: 1) Planning study prepared in accordance with the action plan specified daily activities at the end of the first cycle obtained both categories with BSH criteria. This means that teachers can properly plan the improvement of learning, so that the repair process goes smoothly. At the end of the second cycle was obtained both categories with a value of 3.46. This means that teachers are already planning lessons well, 2) Implementation of the learning has been done well. In the first cycle of the criteria of the average increased to very good, with a value of 3.92, 3) Improved communication skills through the use of media images by 24%.

Keywords:Communication Skills, Media Image


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats