PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOLOID SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep siswa pada materi koloid, antara siswa yang diajar menggunakan model guided discovery dengan model pembelajaran konvensional dan besarnya pengaruh model tersebut terhadap pemahaman konsep. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kognitif dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney diperoleh perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar menggunakan model guided discovery dengan menggunakan model konvensional dengan rata-rata hasil tes kognitif berturut-turut 77,07 dan 63,25. Model guided discovery juga memberikan pengaruh sebesar 43,45% terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci : guided discovery, pemahaman konsep, koloid
Abstract: This research aims to know differences in student’s understanding of concept on material coloid, between students who are taught by using guided discovery and conventional models and the influence of this model to understanding the concept. Sample was choosen by purposive sampling technique, XI IPA 1 as the experiment class and XI IPA 2 as control class. The research form used was quasi experimental and the research design that used is a non equivalent control group design. The tool for collecting data is cognitive test and observation paper. The result of the U-Mann Whitney we can show the differences understanding of concept between students who are taught by using guided discovery and conventional models with average value of cognitive test in 77,07 and 63,25. The guided discovery model is also an impact of 43,45% of the student's understanding of the concept.
Keywords: guided discovery, understanding of concept, coloid.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i8.16342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats