PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV S EKOLAH DASAR NEGERI 05 BENUA KAYONG KETAPANG

Muhammad Fawali, K. Y Margiati, Gusti Bujang A

Abstract


Abstrak: Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Benua Kayong Ketapang. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 05 Benua Kayong Ketapang dengan menggunakan media gambar. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan apa yang ada atau mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi atau kecenderungan yang tengah berlangsung. Adapun Hasil penelitian yaitu (1) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran ini dikarenakan terjadi peningkatan sebesar 27,5%. (3) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa siswa sebesar 17.97%. (4) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa, sebesar 29.63%. (5) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa sebesar 19,44%.

Kata Kunci : media gambar, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, aktivitas belajar

Abstract: The application of media images in the Natural Sciences Learning to Improve Student Learning Activities Fourth Grade Elementary School 05 Benua Kayong Ketapang. This study aims to determine the increase in student activity in learning science in the fourth grade SDN 05 Benya Kayong Ketapang using media images. The methods in this research used is a descriptive method. Descriptive methods to trying describe and interpret what is or the conditions or relationships that exist, the opinion of a growing, on going process, consequences or effects that occur or on going trend. The results of the study are (1) use of media images can improve the learning ability of teachers to implement this is because an increase of 27.5%. (3) Use of images in the media of learning can increase student physical activity of students at 17.97%. (4) The use of media images in learning can improve students' mental activity, amounted to 29.63%. (5) Use of images in the media can increase the activity of the emotional learning of students by 19.44%.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats