PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG USIA 4-5 TAHUN DI TK
Abstract
Abstrak : Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Siklus Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data maka secara umum dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berhitung anak melalui permainan pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di TK Hang Tuah VI Pontianak. Secara khusus kesimpulanya adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan permainan pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di TK Hang Tuah VI Pontianak telah direncanakan dengan baik 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di TK Hang Tuah VI Pontianak telah dilaksanakan dengan baik 3) Kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan permainan pohon hitung di TK Hang Tuah VI Pontianak terjadi peningkatan sebesar 37,33%.
Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Permainan Pohon Hitung.
Abstract: The method used is descriptive method with the form of classroom action research. Class Action Research Cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Collecting data using observation and interview. Based on the research and the data analysis in general it can be concluded that the significant increase in the numeracy skills of children through the game tree count in children aged 4-5 years in kindergarten Hang Tuah VI Pontianak. Specifically kesimpulanya are as follows: 1) Planning of learning using the game tree count in children aged 4-5 years in kindergarten Hang Tuah VI Pontianak been well planned 2) Implementation of learning using the game tree count in children aged 4-5 years in kindergarten Hang Tuah VI Pontianak have been executed better 3) the ability to count in children aged 4-5 years using the game tree count in kindergarten Hang Tuah VI Pontianak an increase of 37.33%.
Keywords : Ability Numeracy, Game Trees Count.Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i7.15828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats