PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

. Evawani, Fadillah ., Lukmanulhakim .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Primanda Untan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana peneliti akan melihat langsung fenomena-fenomena yang ada dilapangan, kemudian menguraikannya sehingga memperoleh data yang diinginkan oleh peneliti. Bentuk penelitian adalah bentuk penelitian kualitatif. Hal ini sesuai dengan masalah yang akan diteliti, yaitu mengungkapkan fenomena dan fakta tentang peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Primanda Untan. Sampel penelitian ini adalah 2 guru kelompok B2. Hasil analisis data menunjukan bahwa media yang guru gunakan dalam mengembangkan kreativitas anak tidak bervariasi. Guru jarang menunjukan hasil karyanya kepada anak.

Kata Kunci: Peran Guru, Kreativitas Anak, Anak Usia Dini.

Abstract:  This study aimed to describe the teacher's role in developing the creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Primanda Untan . The method used is descriptive method where researchers will look at the immediate phenomena that exist in the field, then parse them so as to obtain the data desired by the researcher . Form of research is a form of qualitative research . This is consistent with the issues to be examined , which reveal the phenomena and facts about the teacher's role in developing the creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Primanda Untan . Samples were 2 teachers B2 group . The results of data analysis showed that the media that teachers use in developing a child's creativity does not vary. Teachers rarely show their work to children . Keyword: Role of Teachers , Children Creativity , Early Childhood.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats