PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PEMULA DENGAN METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK

Dian Maulidiah, Fadillah ., Desni Yuniarni

Abstract


Abstrak: Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif melalui pembelajaran sains pemula dengan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pontianak Tenggara. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bersifat deskriptif. Terdapat peningkatan perkembangan kognitif pada indikator mengenal perbedaan berdasarkan warna, bentuk, ukuran di kondisi awal 0%, meningkat menjadi 7,69% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 92,31%. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam kegiatan yang baru di kondisi awal 0%, meningkat menjadi 65,38% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 92,31% dan menunjukkan aktifitas yang bersifat menyelidik di kondisi awal 0%, meningkat  15,39% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Dengan demikian perkembangan kognitif anak pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan dikategorikan Tinggi.

 

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Pembelajaran Sains, Metode Proyek

Abstract: This study aims to know the improving of cognitive development through early science lesson with project method to 5-6 years old students of ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Kindergarten in south east Pontianak. This is a qualitative study by using Classroom Action Research. It’s a qualitative approach because this study is descriptive. There is improving of cognitive development to the indicators of knowing the differences based on colours, shapes, sizes in the begining condition 0%, improve to 7,69% in cycle I, in cycle II improve to 92,31%. Applying knowledge of experience in the new activity at the beginning condition 0%, improve to 65,38% in  cycle I, in cycle II improve to 92,31% and it shows activities which has research characteristics at the beginning condition 0%, improve to 15,39% in cycle I, in cycle II improve to 88,46%. It means the improving of children’s cognitive development in cycle I to cycle II has an improvement and it’s categorized as high.

 

Keywords: Cognitive Development, Science Lesson, Project Method


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats