HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Kautsar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 87 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Kautsar berdasarkan hasil rata-rata skor sebesar 3.30/65 > 2.5/50 yaitu kategori tinggi. Tingkat motivasi belajar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Kautsar berdasarkan hasil rata-rata skor sebesar 3.20/64 > 2.5/50 yaitu kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Kautsar yaitu > (0.408 > 0.213) dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan diri dan motivasi belajar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Kautsar memiliki kategori tinggi dan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar
Abstract: This study aims to prove whether there is a relationship between confidence and motivation to learn in children in group B in kindergarten Islam Al-Kautsar. The method used is descriptive-quantitative method. Total sample is 87 children. The results showed that the level of confidence in the group of children in kindergarten Islam Al-Kautsar based on the average score of 3.30/65 > 2.5/50 is a high category. The level of motivation to learn children in group B in kindergarten Islam Al-Kautsar based on the average score of 3.20/64 > 2.5/50 is a high category. The results also show that there is a significant relationship between confidence with the motivation to learn in children in group B in kindergarten Islam Al-Kautsar which r xy > r tabel (0.408 > 0.213) with category. It can be concluded that the level of confidence and motivation to learn children in group B in kindergarten Islam Al-Kautsar have high category and the confidence and motivation to learn has a significant relationship.
Keywords: Self-Confidence, Learning Motivation
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats