PENERAPAN MODEL PBL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis tentang Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran mate-matika untuk mengembangkan kemampuan penyelesaian masalah matematis di kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang Tahun Pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian yang dipilih untuk mencapai tujuan tersebut adalah penelitian eksperimen, sebab melihat pengaruh-pengaruh dari variabel bebas terhadap satu atau lebih variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari soal test untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa dalam materi Penerapan SPLDV Dalam Kehidupan Sehari-hari. Hasil yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran model PBL dan pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kinerja penyelesaian masalah matematis antara siswa tingkat kemampuan atas, menengah, dan bawah yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan PBL; (3) terdapat interaksi antara penyelesaian masalah matematis dan tingkat kemampuan siswa setelah diberi pembelajaran matematika dengan model PBL
Kata Kunci: PBL, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis.
Abstract: Learning (PBL) in learning matemtika to develop mathematical problem solving ability in class VIII SMP Negeri 8 Singkawang in academic year 2014/2015. Research is a form of experiment, because of the impact of the independent variables on one or more of the other variables in controlled conditions, with a sample of eighth grade students of SMP Negeri 8 Singkawang. The instrument used to collect data in this study consisted of test questions to measure students' mathematical problem solving capabilities in materials Application Systems of Linear Equations Two Variables In Everyday Life. The results obtained are: (1) ther e are significant differences between students by PBL model learning and conventional learning; (2) there are differences in performance between students' mathematical problem solving ability level upper, middle, and lower the gain of mathematics learning with PBL approach; (3) there is interaction between mathematical problem solving and skill levels of students after learning of mathematics with the model given PBL.
Keywords: PBL, Mathematical Problem Solving Ability.
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats