PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI SEKOLAH DASAR

. Evitasari, Marzuki ., Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran mind map terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian time-series design. Sampel  penelitian ini adalah sampel populasi karena seluruh peserta didik kelas III berjumlah 31 peserta didik, terdiri dari 17 perempuan dan 14 peserta lelaki. Hasil analisis pre-test nilai rata-rata 54,77, dan post-pest sebesar 72,06. Berdasarkan hasil analisis variabel dengan Ftabel (α = 5% dan α = 1%) sebesar 4,11 dan 7,39 ini berarti nilai Ftipe yang sebesar 48,263 maka Ha diterima. Nilai Fseks yang sebesar 44,038 maka Ha  juga diterima. Nilai Finter yang hanya sebesar 38,157, maka Ho diterima. Artinya penerapan pembelajaran mind map memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri.
Kata Kunci: pembelajaran peta pikiran (mind map), kemampuan menulis karangan narasi.
Abstract: This research aims to analyze the influence of mind mapping learning to students' narrative writing ability 3rd grade at SDN 09 Pontianak. This research used quasi-experimental research method with time-series design. The sample of  this research is population sample because all of students 3rd grade amount 31 students, 17 females, 14 males. The analysis of pre-test result the average score is 54,77, and on post-test result is 72,06. Based on the variable analysis with Ftable (α = 5% and α = 1%) is 4,11 and 7,39 it means Ftipe is 48,263 Ftable  7,088 (1%) then Ha accepted. Fsex is 44,038 then Ha is accepted. Finter is -38,157, then Ho accepted. It means that the application of mind mapping learning influenced to students' narrative writing ability 3rd grade at SDN.
Keywords: mind mapping learning, narrative writing ability

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats