PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI FLUIDA STATIS DI SMA

SUGENG WAHYU, Syukran Mursyid, Judyanto Sirait

Abstract


Abstrak : Penelitian tindakan kelas ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi fluida statis dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Pontianak. Subjek yang digunakan kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Pontianak dengan jumlah siswa 31 orang. Siswa secara keseluruhan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran materi fluida statis melalui diskusi kelompok berdasarkan masalah yang didapat. Dari hasil penelitian pada siklus I rata-rata ketuntasan siswa sebesar 88% dengan nilai rata-rata 75,55 dan pada siklus II sebesar 90% dengan nilai rata-rata 83,52, maka peningkatan hasil belajar siswa adalah sebesar 7,97. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diinginkan dari hasil penelitian serta pendekatan saintifik diharapkan dapat digunakan pada materi fisika yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Saintifik, hasil belajar,  fluida statis

Abstract : this classroom action research aims to improve student learning outcomes in a static fluid material using a scientific approach in class XI IPA 4 SMAN 5 Pontianak. Subject who used class XI IPA 4 SMAN 5 Pontianak with the number of studets 31. Overall student participates actively in the learning process static fluid material through a group discussion based on the issues that come by. Form the result of the study in the first cycle the average completeness of students by 88% with an average value of 75,55 and the second cycle of 90% with an average value of 83,52, the improvement of student learning outcomes is of 7,97. With these result it can be concluded that the scientific approach can improve student learning outcomes in accordance with the desired result of research and scientific opproach is expected to be used in the material physics else to improve student learning outcomes.

Keywords : Scientific, learning outcome, static fluid


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats