KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA

Tenti Muharamiah, Hairida ., Rahmat Rasmawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan profil keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model inkuri terbimbing pada materi pH larutan asam basa. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental Design dengan rancangan yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI MIA 4 dengan jumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis. Hasil analisis data diperoleh keterampilan berpikir kritis sebelum diberikan perlakuan adalah 64,10% berada pada kategori kurang terampil dan 35,90% berada pada kategori terampil. Diberikan perlakuan mengalami peningkatan menjadi 100% berada dalam kategori terampil. Berdasarkan pada uji sampel t berpasangan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci : keterampilan berpikir ktitis, inkuiri terbimbing, pH larutan asam basa

Abstract: This purpose of the research is to determine whether there are differences in the profile of critical thinking skills students’ of XIA MIA SMAN 2 Pontianak before and after the application of guided inquiry model on pH of acid-base solution. Research forms used in this research is the Pre-experimental design with a design used is the One-Group Pretest-Posttest Design. The sample in this research is students in XI MIA 4 with the number of 39 students. The instrument used is test of critical thinking skills. The results of analysis data critical thinking skills before being given treatment was 64.10% in the less skilled category and 35.90% in the skilled category. Given treatment increased to 100% under the skilled category. Based on a paired t test there are differences in the students' critical thinking skills before and after being given treatment with a significance value of 0.000 < 0.05. It can be concluded that the guided inquiry learning model can improve students' critical thinking skills.

 

Keywords: critical thinking skills, guided inquiry, the pH of the acid-base


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons