PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI SISWA SMTI PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas XF SMK SMTI Pontianak tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa dan dokumen. Data dalam penelitian ini adalah RPP, hasil observasi dan hasil belajar menulis teks negosiasi. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, observasi dan studi dokumenter. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengalami peningkatandari segi proses dan hasil belajarnya. Berdasarkan kriteria penilaian dalam menulis teks negosiasi mengalami peningkatan mulai dari aspek isi, struktur, kosakata, kalimat dan mekanik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum melakukan PTK dengan rata-rata 62,7. Kemudian, hasil menulis siswa pada siklus I dengan menggunakan metode inkuiri mengalami peningkatan dengan rata-rata 72,3. Selanjutnya, nilai pada siklus II meningkat lagi dengan rata-rata 76,2. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan setelelah menggunakan metode inkuiri .
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks negosiasi, metode Inkuiri
Abstract: This study to aims to improve the skill of writing negotiation text using method of inquiry in class XF SMK SMTI Pontianak in learning 2015/2016. This research is motivated weak students write a negotiation text. This research the reseacher using descriptive methode and clasroom action research as the research study (CAR) . The source of data collecting in this research are the teacher, the students and the document. The data in this study is the RPP, observed and learned to write the negotiating text. The technique implemented in this study is the measurement technique is test text negotiations to determine the results of students' writing and techniques nontes through observation and documentary. The results of the study the average value of student learning outcomes before CAR with an average of 62,7. The results of the student's writing on the first cycle of use of the method of inquiry has increased by an average of 72,3. The value in the second cycle with an average of 76,2. Based on the data of the student's writing, from the first cycle kesiklus II also increased.
Keywords: writing skill, text negotiation, inquiry method.
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats