EFEKTIVITAS PENGGUNAAN READING INFUSION SQ3R UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMK TENTANG GERAK JATUH BEBAS
Abstract
Abstrak: Remediasi miskonsepsi ini merupakan penelitian pre-eksperimen rancangan one group pre-test post-test design untuk mengetahui efektivitas penggunaan reading infusion SQ3R dalam meremediasi miskonsepsi siswa tentang Gerak Jatuh Bebas. Tes diagnostik yang disusun dengan metode Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi yang digunakan untuk menetapkan penurunan jumlah miskonsepsi siswa yang diberikan kepada siswa kelas X Teknik Survey dan Pemetaan sebagai sampel penelitian. Data menunjukkan bahwa remediasi menggunakan reading infusion yang dipadukan dengan teknik membaca SQ3R efektif dalam mengatasi miskonsepsi siswa tentang Gerak Jatuh Bebas. Rata-rata penurunan jumlah miskonsepsi siswa tiap konsep sebesar 0,67 dan harga effect size sebesar 0,81 (tergolong tinggi). Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reading infusion SQ3R dapat digunakan sebagai alternatif dalam meremediasi bagi siswa yang mengalami miskonsepsi.
Kata Kunci: Reading Infusion, SQ3R, Remediasi, Miskonsepsi
Abstract: Remediation of these misconceptions is a pre-experimental research one group pre-test post-test design to determine the effectiveness of the using reading infusion SQ3R remediating student’s misconceptions about the Free Fall Motion. A diagnostic test was constructed using Modified Certainty of Response Index (Modified CRI) to prompt student’s misconception. The test was administered to grade 10th students. It is found that the reading infusion SQ3R effective to reduce students' misconceptions about the Free Fall Motion. The average of the decreasing of number of student’s misconceptions each concept is 0,67 and the effect size of this study is 0,81. This research indicates that the reading infusion SQ3R can be used as an alternative remediation activities to reduce students’ misconceptions.
Keyword: Reading Infusion, SQ3R, Remediation, Misconception
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats