PENGARUH PENGGUNAAN IF-AT PADA MATERI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK SMTI PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan IF-AT pada materi redoks terhadap hasil belajar siswa SMK SMTI Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI F sebagai kelas eksperimen dan XI E sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil olahan data, rata-rata nilai skor posttest kelas kontrol yaitu 47,06 dan rata-rata nilai skor posttest kelas eksperimen yaitu 60,91. Dengan menggunakan Uji U-Mann Whitney, diperoleh Asymp.Sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (kurang dari 0,05) sehingga Ho ditolak, menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi redoks. Hasil dari perhitungan Effect Size (ES) diperoleh nilai sebesar 0,75 yang menunjukkan penggunaan IF-AT memberikan pengaruh sebesar 27,34% terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: IF-AT, redoks, hasil belajar
Abstract: This research aimes to know the effect ofIF-AT on redox material of learing outcomes in SMK SMTI Pontianak students. This research method was quasi-experimental with nonequivalent control group design. The study sample were the students of XI F as experimental class and XI E as control class that was determined by saturated sampling technique. Collecting data by using achievment test. Based on the results of data processing, the average score of posttest control class is 47.06, and the average score of posttest experimental classesis 60.91. By using the U-Mann Whitney test, obtained Asymp.Sig (2-tailed) of 0.000 <0.05 so Ho is rejected, which shows there is a differences in learning outcomes between the experimental class and the control class students onredox material.The results of the calculation of Effect Size (ES) obtained value of 0.75 that showed IF-AT provided the effect of 27.34% on improving student learning outcomes.
Keywords: IF-AT, redox, learning outcomes
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats