KORELASI MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA SMA MUJAHIDIN PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Membaca merupakan modal awal untuk memahami suatu bacaan. Dalam memahami sebuah karya sastra, membaca merupakan hal terpenting untuk mengetahui makna serta unsur intrinsik yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Atas dasar tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk melihat hubungan antara minat membaca karya sastra dengan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian kuantitatif. Hasil dari perhitunganminat membaca karya sastra siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak mencapai 60,31% dengan kategori “Cukup”. Kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen mencapai 66,11% dengan kategori “Cukup”, koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,518dengan korelasi “Cukup”. Perhitungan uji-t yaitu 3,780 > 2,021, Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci: korelasi, minat memaca, unsur intrinsik cerpen
Abstract: Reading is a first modal to comprehend reading. In comprehending a belleslettres, reading to represent all important matter to know meaning and also intrinsic element implied ining the belleslettres. On the basis of, researcher conduct research to see relation betweenenthusiasm read belleslettres ably comprehend intrinsic element of short story. Method in this research is descriptive method and quantitative research form. Result of from calculation of enthusiasm read class student belleslettres of XI tired SMA Mujahidin Pontianak 60,31% with category "Enough". Ability comprehend intrinsic element of tired short story 66,11% with category "Enough", obtained correlation coefficient equal to 0,518 with correlation "Enough". Calculation of uji-t that is 3,780 > 2,021, Hence hypothesis nol ( Ho) refused and alternative hypothesis (Ha) accepted.
Keywords: correlation, enthusiasm read, intrinsic element of short story
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats