PENINGKATAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

. Halimah, Fadillah ., Muhamad Ali

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak mengenal huruf Hijaiyah sangat rendah seperti anak belum dapat mengenal huruf Hijaiyah, anak belum dapat menyebutkan huruf Hijaiyah, dan anak belum dapat menyanyikan kembali lagu yang diajarkan guru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Harapan Indah Pontianak Barat Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 15 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pengenalan huruf Hijaiyah melalui metode bernyanyi pada siklus 1 dan siklus 2 meningkat dengan persentase dari 10% menjadi 90%. Ini berarti peningkatan kemampuan pengenalan huruf Hijaiyah pada anak sudah mencapai target yang diharapkan.

Kata Kunci : Pengenalan Huruf Hijaiyah, Metode Bernyanyi

Abstract: This research is motivated abilities of children recognize letters Hijaiyah very low susch children can not recognize letters Hijaiyah, the children can not mention the letters Hijaiyah, the children can not sing the song again taught by teacher. This research is a classroom action research. As for the methods used in this research is descriptive method. That is the subject in this research B group TK Islam Harapan Indah Pontianak Barat academic year 2014/2015 amounting to 20 childrens consisted of 15 boys and 5 girls. Based on research that has been done, the results obtained after performed the data analysis can be concluded that the introduction of letters Hijaiyah through the singig in cycle 1 and 2 increased by a percentage of 10% to 90%. This means an increased ability Hijaiyah letters recognition in children had reached their intended target.

Keywords: Letter Recognition Hijaiyah, The Singing


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723