PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI SENTRA SENI PADA USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK SURYA
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun melalui sentra seni di TK. Surya Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni 1 guru dan 10 anak usia 5-6 tahun. Hasil analisis data pada siklus ke-1 pertemuan 1 dan 2 menunjukkan bahwa anak sudah mulai meningkatkan kreativitasnya dalam mengkolase gambar dengan nilai rata-rata (BB) Belum Berkembang 30% dan (BSB) Berkembang Sangat Baik 60%, mewarnai gambar rata-rata (BB) Belum Berkembang 20% dan (BSB) Berkembang Sangat Baik 50%, dan membuat prakarya rata-rata (BB) Belum Berkembang 30% dan (BSB) Berkembang Sangat Baik 50%. Pada siklus ke-2 pertemuan ke 1 dan 2 menunjukkan bahwa anak sudah meningkatkan kretivitasnya dalam mengkolase gambar dengan nilai rata-rata (BSB) Berkembang Sangat Baik 80%, mewarnai gambar rata-rata (BSB) Berkembang Sangat Baik 80%, dan membuat prakarya rata-rata (BSB) Berkembang Sangat Baik 80%. Hal tersebut menunjukkan bahwa tindakan yang telah dilakukan oleh guru untuk peningkatan kreativitas anak melalui sentra seni sudah dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci : Kreativitas, Sentra Seni
Abstract : This study aims to promote creativity in children aged 5-6 years in kindergarten through art centers TK.Surya Sekadau Hulu Sekadau. The method used is descriptive method while research is a form of class action research consists of four phases namely planning, implementation, observation, and reflection. The research subject that is one teacher and ten children aged 5-6 years. The results of the analysis of the data in cycle-1 meetings 1 and 2 indicate that the child had begun to increase their creativity in mengkolase image with the average value (BB) There Developing 30% and (BSB) Developing Very Good 60%, coloring average ( B) There Developing 20% and (BSB) Developing Very Good 50%, and making crafts average (BB) There Developing 30% and (BSB) Developing Very Good 50%. In the cycle-2 meeting of 1 and 2 show that the child is improving kretivitasnya in mengkolase image with the average value (BSB) Developing Very Good 80%, coloring average (BSB) Developing Very Good 80%, and making crafts average (BSB) Developing Very Good 80%. It shows that actions taken by teachers to increase children's creativity through art centers have been categorized as very good.
Keywords: Creativity, Art Centers
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats