RESPONS SISWA TERHADAP LKS BERBASIS ENAKTIF, IKONIK, DAN SIMBOLIK DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respons siswa terhadap LKS berbasis enaktif, ikonik, dan simbolik dalam materi kubus di kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Pontianak yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa angket respons. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa respons siswa terhadap LKS berbasis enaktif, ikonik, dan simbolik dalam materi kubus termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata respons sebesar 2,2 dengan persentase sebesar 72% dan respons paling dominan terdapat pada aspek enaktif dengan rata-rata respons sebesar 2,5 dan tergolong dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan rata-rata nilai LKS siswa dilihat dari aspek sajian enaktif, ikonik, dan simbolik adalah 93,91, 82,97, dan 79,38.
Kata Kunci: Respons Siswa, LKS Berbasis Enaktif
Abstract: This study aimed to describe the student's response to the LKS-based enaktif, iconic and symbolic in the material cubes and blocks in class VIII SMP Negeri 6 Pontianak. The method used in this research is descriptive. Subjects in this study were students of class VIII B of SMP Negeri 6 Pontianak selected based on considerations of teachers. Data collection tool used was a response questionnaire. Based on the analysis of data obtained information that a student's response to the LKS-based enaktif, iconic and symbolic in a cube of material included in the high category with an average response of 2.2 with a percentage of 72% and the most dominant response contained in enaktif aspects with an average response of 2.5 and included in the very high category. While the average value of student worksheets from the aspect of grain enaktif , iconic , and the symbolic are 93.91 , 82.97 , and 79.38.
Keywords: Student Response, LKS Based Enaktif
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats