PEMANFAATAN PERMAINAN LEGO UNTUK PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL DI TK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan permainan lego untuk pengembangan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Berseri Pontianak Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 1 orang guru dan 14 anak-anak di kelas B2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru belum memahami definisi kecerdasan visual spasial secara spesifik sehingga pemanfaatan permainan lego yang dilakukan di TK selama ini belum optimal. Pemahaman guru terlihat ketika guru belum dapat mendefinisikan kecerdasan visual spasial secara utuh dan rinci. Sedangkan perkembangan anak ditunjukkan dengan pencapaian nilai pada aspek pengenalan bentuk sebesar 42,9% (BSH), aspek pengenalan warna sebesar 35,7% (BSH), aspek pengenalan ukuran sebesar 42,9% (MB), dan aspek ide untuk merancang sebesar 35,7% (BSB).
Kata Kunci: Permainan Lego, Kecerdasan Visual Spasial
Abstract: This research aimed to describe the use of Lego models for visual spatial development of children aged 5-6 years in kindergarten Cahaya Berseri Pontianak Timur. The research method that used is descriptive qualitative approach . The sample was teacher and 14 childrens in the class B2. The results of data analysis showed that teachers do not understand the definition of visual spatial intelligence specifically that use of Lego models made in kindergarten has not been optimal. Understanding the teacher is seen when teachers have not been able to define visual spatial intelligence as a whole and in detail . While the development of the child indicated by the achievement of the aspects of shape recognition 42.9% (BSH), color recognition of 35.7% (BSH), the introduction of the size 42.9% (MB), and idea to design 35.7% (BSB).
Keywords : Lego Games, Visual Spatial Intelligence
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .