PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SMA N 1 BOYAN TANJUNG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan media gambar SMA N I Boyan Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XA SMA N I Boyan Tanjung. Sebelum menggunakan media gambar nilai rata-rata siswa 67. Setelah menggunakan media gambar siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata siswa 58,64, pertemuan kedua 62,77. Siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata siswa 74,13, pertemuan kedua 80,73. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan media gambar dapat meningkatakan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XA SMA N I Boyan Tanjung.
Kata kunci: Menulis Paragraf Deskripsi, Media Gambar
Abstract: This study aims to improve the skills of writing a paragraph description of media images using SMA N I Boyan Tanjung. The method used in this research is descriptive method using classroom action research conducted in two cycles. The results showed that media images can increase the yield of writing a paragraph description of the XA grade students SMA N I Boyan Tanjung. Before using media images average value of students using media images 67. After the first cycle of the first meeting students' average score 58.64, 62.77 second meeting. The first meeting of the second cycle students' average score 74.13, 80.73 second meeting. It can be concluded that the action research using media images can increase the skill of writing a paragraph description of the XA grade students SMA N I Boyan Tanjung.
Keywords: Writing Paragraphs Description, Media Image
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats