PENGARUH MANAJEMEN STRES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen stres dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa di kelas XI AK SMK Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI AK tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil uji persentase pada sub masalah pertama yaitu manajemen stres dalam pembelajaran akuntansi di kelas XI AK berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil sebesar 74,42% dengan kategori baik, sedangkan uji persentase pada sub masalah kedua hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi di kelas XI AK sebesar 79,76%, dengan kategori baik. Hasil uji normalitas data pada variable manajemen stres 0,521 dan hasil uji normalitas data pada variabel hasil belajar sebesar 0,631, yang berarti kedua variabel berdistribusi normal. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif manajemen stres terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari tabel resume SPSS sebesar 0,000 dimana sig < dari 0,050, dan besar pengaruh koefisien determinasi (R²) sebesar 80%.
Kata Kunci: Manajemen Stres dan Hasil Belajar
Abstract: This study aims to determine and describe of stress management in learning and learning outcomes of students in class XI AK SMK Negeri 1 Pontianak. This research uses descriptive method with the form of research studies the relationship, and the samples were students of class XI AK academic year 2014/2015. The results of this study show that: the percentage of test results on the sub first problem is the stress management in accounting learning in class XI effect on learning outcomes with a yield of 74.42% with a good category, while the percentage in the test sub second problem results student learning in accounting learning in class XI AK amounted to 79.76%, with both categories. Results of normality test data on stress management .521 variables and normality test results data on learning outcomes variable of 0.631, which means the two variables with normal distribution. There is a significant and positive effect of stress management on learning outcomes of students who demonstrated on the table resume SPSS 0,000 where sig <of 0,050, and the influence of the coefficient of determination (R ²) of 80%.Keywords: Stress Management and Learning Outcomes
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats