PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta di lapangan yang menunjukkan hasil pembelajaran menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 belum mencapai hasil yang diharapkan. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam menulis teks berita. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita melalui pembelajaran model investigasi kelompok pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Sungai Raya?. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Data penelitian berupa temuan hasil observasi dan hasil evaluasi peserta didik, diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya semester 2 tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Menulis Teks Berita, Model Pembelajaran Investigasi Kelompok
Abstract: This research is motivated their facts on the ground that shows the results of learning to write a text message in class VIII students at SMPN 9 Kubu Raya Sungai Raya Semester 2 2014/2015 school year has not achieved the expected results. This is because teachers do not use appropriate learning methods in writing the text. The problem this research is how the planning, execution, and learning to improve the ability to write a text message with model Group Investigation in class VIII students SMP Negeri 9 Sungai Raya ?. This study was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, exercising, observation and reflecting. This research method used is descriptive method with a form of qualitative research. This research is a classroom action research (CAR). The data used is the observation sheet and achievement test. The data source of this research is the teachers and learners. Research data findings on observations and results of the evaluation of learners, processed qualitatively and quantitatively. The results showed investigative learning model group investigation can improve learning outcomes news text writing class VIII students SMP Negeri 9 Kubu Raya Sungai Raya second half of the school year 2014/2015.Keywords : Writing News Text, Learning Model Group Investigation
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats