ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU DAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA
Abstract
Abstrak: Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial antara guru dan siswa kelas XI IPS 1 dalam proses pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Ambawang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,wawancara,dan studi dokumentasi,dengan alat pengumpul data berupa panduan obsrevasi, panduan wawancara dan dokumentasi.Hasilpenelitian ini menunjukan interaksi sosial antara guru dan siswa pada saat proses pembelajaran sosiologi diaplikasikan pada empat proses pembelajaran.interaksi yang telah dilakukan oleh guru dan siswa kelas XI IPS 1 berjalan dengan baik,berdasarkan hasil observasi,wawancara,dan dokumentasi yang telah peneliti laksanakan membuktikan bahwa seluruh siswa kelas XI IPS 1 dan guru mata pelajaran sosiologi berinteraksi dengan baik pada saat proses pembelajaran,seperti saat membuka,menjelaskan,berdiskusi dan menutup proses pembelajaran.
Kata Kunci: Interaksi Sosial,Guru,Siswa,Proses Pembelajaran Sosiologi.
Abstract: The purpose of this research to know social interaction between teachers and students XI social class 1 in learning sociology at public senior high school two ambawang.with research used that is a qualitative approach with the methods deskriptif.the result show collection used is a technique observation, interview,and study documentation, with a gatherer data in the form of a guide observation,an interview guide and documention.output research showed social interaction between teachers and their students at the time of learning sociology apply to four the process . Open , explai, discuss , and close the process learning .interaction who practice by teachers and students XI social class 1 going well , based on the results of observation , interview,and documentation have researchers do prove most of the students class XI social class 1 and subject teachers.
Keywords: Social Interaction, teacher, student, sociology learning process.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i4.14812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats