PENGGUNAAN METODE INQUIRIUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA KELAS VISEKOLAH DASAR NEGERI 26 SUNGAI BATU KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

Sri Winayati, Suryani ., Nanang Heryana

Abstract


Abstrak : Judul penelitian ini adalah penggunaan metode inquiri untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pemaparan naratif.Subjek penelitian adalah 26 perserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Sanggau yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA sehingga nilai yang diperoleh sangat rendah.Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode inquiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar IPA, setiap subjek penelitian mendapat nilai diatas standar kriteria ketuntasan minimal (?60).

Kata kunci : Inquiri, Motivasi, Belajar IPA

Abstract: The title ofthis studyis the useinquirimethodtoincrease the motivationto learnsciencestudentsof class VIElementary SchoolDistrict26KapuasSungai Batuthe District. The researchaims to find outhow tousethe methodinquiriin improvingstudentmotivation tolearn scienceclass VIElementary SchoolDistrict26KapuasSungai Batuthe District. The researchmethodused isdescriptiveandnarrativeexposure. Subjects were26sixth gradestudentparticipantsElementary SchoolDistrict26KapuasSungai BatuSanggauwho have difficultyin learning scienceso that the values??obtained are verylow. The results ofdata analysisshowedthatafter application ofthe methodinquiriin learning sciencecan enhancemotivation tolearn science, allsubjectsscoredabove theminimumstandardcriteria forcompleteness.

Keywords: inquiri, Motivation, Learning Science.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats