PENGGUNAAN METODE INQUIRIUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA KELAS VISEKOLAH DASAR NEGERI 26 SUNGAI BATU KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU
Abstract
Abstrak : Judul penelitian ini adalah penggunaan metode inquiri untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pemaparan naratif.Subjek penelitian adalah 26 perserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Batu Kecamatan Kapuas Sanggau yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA sehingga nilai yang diperoleh sangat rendah.Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode inquiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar IPA, setiap subjek penelitian mendapat nilai diatas standar kriteria ketuntasan minimal (?60).
Kata kunci : Inquiri, Motivasi, Belajar IPA
Abstract: The title ofthis studyis the useinquirimethodtoincrease the motivationto learnsciencestudentsof class VIElementary SchoolDistrict26KapuasSungai Batuthe District. The researchaims to find outhow tousethe methodinquiriin improvingstudentmotivation tolearn scienceclass VIElementary SchoolDistrict26KapuasSungai Batuthe District. The researchmethodused isdescriptiveandnarrativeexposure. Subjects were26sixth gradestudentparticipantsElementary SchoolDistrict26KapuasSungai BatuSanggauwho have difficultyin learning scienceso that the values??obtained are verylow. The results ofdata analysisshowedthatafter application ofthe methodinquiriin learning sciencecan enhancemotivation tolearn science, allsubjectsscoredabove theminimumstandardcriteria forcompleteness.
Keywords: inquiri, Motivation, Learning Science.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats