PENINGKATAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM SEKOLAH DASAR SWASTA PAROKI
Abstract
Abstrak : Judul penelitian adalah Peningkatan Kreativitas Siswa Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SDS Paroki. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuai peningkatan kreativitas siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA pada siswa SDS Paroki. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriftif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDS Paroki dengan jumlah siswa 32. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas pembelajaran dari penelitian awal 44% kesiklus III 67% meningkat sebesar 23% dengan kategori sedang. Peningkatan hasil belajar sebagai dampak adanya peningkatan kreativitas yaitu dari penelitian awal 56,56 mengalami peningkatan kesiklus III sebesar 72,5 dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Kreativitas, pendekatan keterampilan proses, IPA.
Abstract : the title of this research is improving students creativity by using skill process approach in learning science to the students of paroki private elementary school. The objektif of this research is to know the improvement of students creativity by using skill process approach in learning science to the students of paroki private elementary school. The method used in this research is descriftive method. The research has been done to 32 students of grade IV of paroki private elementary school. This research shows that there is a sinigficant improvement of learning creativity from 44% in pre research to cycle 67 % it increased from 56,56% in pre research to cycle 72,5 %, in cysle 3 which considered as medium category.
Key word : creativity, science, skill process approach
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats